Tugas dan Fungsi PPID


TUGAS DAN FUNGSI PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)

NAGARI AUR DURI SURANTIH KECAMATAN SUTERA

  1. ATASAN PPID

Tugas:

Memberikan arahan dan pembinaan atas pengelolaan informasi dan dokumentasi publik  di  lingkungan Pemerintah Nagari Aur Duri Surantih

Fungsi :

Pembina  dan pengarah atas berbagai persoalan  yang  terkait dengan pelaksanaan pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Pemerintah Nagari Aur Duri Surantih Pemberian pertimbangan atas informasi   yang   dikecualikan,   pertimbangan atas keberatan,   dan penyelesaian sengketa informasi di lingkungan Pemerintah Nagari Aur Duri Surantih

  1. PPID

Tugas:

  1. Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakandanmemberipelayananinformasikepadapublik;
  2. Melakukan verifikasi bahan infomrmasi publik;
  3. Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan;
  4. Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi; dan
  5. Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diaksesoleh

Fungsi :

  1. Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  1. Meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen/satuan kerja yang menjadi cakupannya;
  2. Mengoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Utama
  3. Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik; dan
  1. SEKRETARIAT

Tugas :

  1. Melaksanakan perencanaan penyusunan program pengelolaan informasi dan dokumentasi.
  2. Melaksanakan koordinasi dan konsolidasi dalam rangka pengumpulan informasi dan dokumentasi.
  3. Melaksanakan administrasi dalam rangka penyediaan pelayanan informasi dan dokumentasi.
  4. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan pelayanan informasi. Melaksanakan pelayanan informasi dan dokumentasi.
  5. Pengelolaan sistem informasi dan dokumentasi.
  6. Menyediakan informasi dan dokumentasi dalam rangka pelayanan informasi publik.
  7. Menyimpan dan memelihara dokumentasi dan informasi publik.

 

  1. BIDANG PELAYANAN DAN DOKUMENTASI INFORMASI

Tugas :

  1. Membantu PPID dalam penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian dan pengamanan informasi.
  2. Membantu PPID dalam pelayanan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku dengan cepat, tepat dan sederhana.

 

  1. BIDANG PENGELOLAAN DATA DAN KLASIFIKASI INFORMASI

Tugas :

  1. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi
  2. Melaksanakan pengembangan Sistem Informasi
  3. Menyusun rencana dan program pengelolaan data dan informasi
  4. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data dan informasi
  5. Melaksanakan identifikasi data dan informasi
  6. Melaksanakan klasifikasi data dan informasi


Comments